[Photoshop] Tutorial Efek Lengkungan Lembar

Halo Sahabat, kali ini saya akan mengajarkan teknik yang sedikit rumit, perlu kesabaran dan konsentrasi yang tinggi, haha ^.^ . Teknik ini saya sebut Efek Lengkungan Lembar atau apalah terserah, yang penting nanti hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Sudah siap? nanti dingin lho, xD (Bercanda)
Yuk langsung saja buka Photoshop kalian. Seperti biasa saya menggunakan Photoshop CS 3.

Pertama, cari gambar atau buat baru untuk mempraktikan pelatihan ini. Untuk contoh saya menggunakan gambar dibawah ini.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Kedua, buatlah objek persegi atau semacamnya untuk dijadikan efek. Tempatkan posisi persegi dibagian pojok bawah / atas. Sebagai contoh saya letakkan di bagian pojok kanan bawah lembar.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Ketiga, "Select" objek persegi, lalu pilih menu Edit - Transform - Warp, lalu atur hingga menyerupai sebuah lengkungan kertas, seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Jika sudah membentuk lengkungan, lalu Apply. Maka hasilnya akan nampak seperti contoh di bawah ini. Agar dapat membedakan mana kertas mana latar belakang, tambahkan garis batas pada sudut dan jadikan objek diluar garis menjadi Transparant menggunakan Magic Eraser Tool ( Toolbox > cari Icon penghapus > klik dan tahan > pilih Magic Eraser Tool). (Lihat Gambar)

(Klik gambar untuk memperbesar)

Keempat, jika sudah lakukan hal diatas, maka selanjutnya tinggal merubah warna lekukan menjadi warna terang, misalnya putih. lalu buatlah efek bayangan dan efek pencahayaannya agar hasilnya lebih memuaskan. Inilah hasil dari langkah - langkah diatas tadi. Pasti hasil kalian lebih baik dari ini.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Saya rasa cukup segini saja, berlatih terus agar dapat menghasilkan karya yang lebih bagus dari ini.
Saya membagikan ini dari pengalaman saya aja, jadi maklum kalo cuma begini aja.

Hargai karya tulis kami, gunakan etika Copy - Paste.
Cilacap,

Comments

Hosting Unlimited Indonesia