How to Trigger Progressbar With Button

[ VB Basic Tutorial ]

Halo sahabat, uda berapa hari nih saya gak Update? uda lama kali --__--
Hehe, gak peduli mau berapa lama, yang penting hari ini Update. ^_^

Nah kali ini Tutornya mengenai Visual Basic. Tumben bener kali ini posting tentang VB?
Hahaha, saya bingung mau Update apaan, jadi saya putuskan Update Basic Tutorial VB.

Sesuai dengan judul "How to Trigger Progressbar With Button" , tau artinya gak hayo?
Gini saya jelasin, jadi disaat kita "Click" sebuah "Button" maka sebuah "Progressbar" akan bergerak.

Yuk langsung aja, oia VB yang saya gunakan adalah Microsoft Visual Basic 2005 Express Edition.
Buka VB kamu, New Project > Windows Application.

Masukan komponen - komponen berikut,
  1. Progressbar ( 1 )
  2. Button ( 1 )
  3. Timer ( 1 )
Kemudian, untuk memudahkan Rename komponen diatas menjadi,
  1. progressbar1 menjadi progress
  2. button1 menjadi start
  3. timer1 menjadi waktu
Susun serapi mungkin komponen tadi, misalnya seperti punya saya,


Selanjutnya kita hanya menambahkan sedikit Code pada Project ini. Sebelumnya, ubah dahulu Interval Timer tadi menjadi berapapun yang kamu mau. Jika sudah, Klik 2x pada "Button" lalu masukan kode berikut,

waktu.start()

Lalu, klik 2x pada Timer kamu tadi, lalu ketikan kode berikut,

progress.increment(1)

(1) = balok yang bertambah dalam satu interval. Angka 1 bisa kamu ganti jadi berapapun, kecepatan bertambah tergantung dari Timer tadi, semakin besar angkat Interval, semakin lambat bertambah begitu juga sebaliknya. Kemudian silahkan di Preview menggunakan tombol F5

Nah, tutor ini akan saya sambung dengan, How to Enable Button When Progressbar Full.
Sudah dulu ya, lapeerr nih mau makan dulu. ^_^

NB: Kalau masih ada yang kurang jelas silahkan komentar dibawah. ^_^

Cilacap,
Hargai Karya Tulis Kami, Gunakan Etika Copy - Paste

Comments

Hosting Unlimited Indonesia